Napak tilas Stasiun Kota – tanjung priok

Bangun……bangun……itu semboyan untuk pagi hari ini. Iya gw harus bangun pagi jam setengah 7 gw dah harus berangkat untuk mengikuti kegiatan sosial berupa “Napak Tilas Sejarah KA rute Jakarta Kota-Tanjung Priuk” yang di selenggarakan oleh PT. Kereta Api (Persero) (‘PT KA’) Daerah Operasi I Jakarta. Tapi gw berangkat ke kantor dulu untuk ketemu sama temen2 kantor. Kita bertiga dari kantor jam setengah 8 berangkat dr kantor menggunakan transjakarta naik dari terminal sarinah. Oh iya di jalan sudirman thamrin hanya boleh dilalui pada jalur lambat untuk kendaraan bermotor soalnya jalur cepat dipakai untuk para pejalan kaki, gerak jalan, lari pagi, dan kegiatan2 lainnya yang tidak berpolusi.hehe.kita berangkat dan sampai di stasiun kota jam 8 lebih dikit. Pada saat kita sampai ditempat. Rombongan sebagian sudah berangkat ternyata kita sedikit terlambat. Lalu kami daftar ulang dahulu..waw….hampir saja nga dapet baju seragam karena sebelumnya stok habis.hehe.ternyata datang sisa dari rombongan yg lain. Jadi pakaian lengkap deh. Dapet kaos(walaupun nga sesuai ukurannya dengan permintaan waktu daftar.hehe.) , topi dan minum.hehe. kita ganti baju sambil jalan menyusuri rel kereta menuju tanjung priok yang menurut data jarak kota – tanjung priok tersebut sepanjang 8,3 KM, yah kalo ditempuh dengan jalan kaki sekitar 3-4 jam lamanya. Dalam perjalanan tersebut kita foto2 dan melakukan dokumentasi.hehe. pada kegiatan tersebut jalur atau rel kereta sudah beralih fungsi . kebanyakan telah ditempati dengan dijadikan rumah diatas rel. memang siy jalur tersebut sudah lama tidak digunakan. Namun saat ini akan direncanakan penghidupan jalur tersebut. Kata penduduk yg tinggal di sana mereka pasrah dan mereka tahu kalo mereka salah. Yah tetep namanya manusia ada tuntutanya donk.hehe.any way nga usah bahas itu biar kan urusan tersebut menjadi tanggung jawab yang berkepentingan dan terkait. Hehe. View untuk foto2 cukup unik disana, yah secara disana banyak hal yang tidak sesuai pada tempatnya. Seperti tadi rumah, sofa diatas rel kereta.hehe. yang lebih unik ada bangunan tempat bilyard dan rental video game diatas rel kereta. Hal tersebut benar2 dah diangap milik pribadi apa gimana yah. Apa emang sudah dijinkan untuk membangun hal tersebut.hehe.sekitar jam 9:30 kita sampai di stasiun ancol yang imut.hehe.kecil stasiunnya.hehe.lalu melanjutkan lagi. Kita sedikit tertahan karena di tengah perjalanan terdapat daerah yang sedang mengalami bongkaran. Daerah tersebut sedang tegang karena tadi pagi terdapat bentrokan antara penduduk dengan aparat. Yah daerah tersebut daerah liar atau yang biasa disebut lahan tikus. Banyak penduduk tersebut mengungsi di pinggir rel. gw sempet berfikir sebenarnya kejadian tersebut siapa siy yang salah. Siapa yang mengijinkan mereka dapat tinggal dan mendirikan bangunan disana. Kalo nga dapat ijin kok bisa dapat KTP yah? Trus listrik juga bisa dapet. Trus skrng bermasalah, ehehe. Manusia memang senang akan masalah.hehe. lalu kita melanjutkan kembali perjalanan tersebut. Tiba di stasiun tanjung priok sekitar pukul 11:00 wib. Gw bener2 takjub melihat stasiun tersebut. Stasiun tersebut besar , bangunannya unik , masih memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan.(sok tau dikit ah..hehehe). namun disana karena jarang digunakan , sehingga tidak begitu terawat dengan baik. Setelah menikmati dan foto2 disana. Datang lah kereta yang khusus akan mengangkut rombongan pulang menuju stasiun kota. Sebelum pulang terdapat acara2 yaitu makan bersama. Ya iyalah dah jalan jauh kan kita laper juga.hehehe.8 km bro….hehe… kita istirahat sambil makan.. setelah kita makan terdapat acara nonton bareng video mengenai Stasiun KA Priok yang dibangun tahun 1918. Setelah selesai terdapat pengumuman door prize. Dan gw salah satu orang yang beruntung mendapatkan hadiah tersebut. Padahal pada saat itu gw ga begitu sadar bahwa no gw dipanggil.hehe.dapat lah hadiah berupa tiket KRL AC ekonomi.hehe. senangnya. Setelah selesai kita foto2 bareng dan naik ke dalam kereta yang telah disiapkan untuk perjalanan pulang. Pada pukul 12 :00 kereta berangakat. Gw mengambil posisi di gerbong paling belakang.dan di posisi sambungan gerbong. Jadi enak untuk foto2 dan melihat suasana di luar.hehe. pada perjalan tersebut kita melihat rel yg dilalui pun tidak cukup terawat. Terdapat rel yang tertutup oleh tanah , sejajar dengan tanah, dan tertutup oleh genangan air.hehe. pemandangan yg unik . kereta tersebut menuju pasar senen dahulu. Pada pukul 12:30 tibalah di stasiun senen. Dan setelah loko langsir, kereta kembali berangkat menuju stasiun kota. Tiba di stasiun kota jam 13:00 wib. Akhirnya tiba juga di stasiun kota. Sesampai disana kita istirahat terlebih dahulu.sebelum menuju kantor dan pulang kerumah. Jam 13:15 kita pulang dan meninggalkan stasiun kota. Banyak inspirasi dan pegnalaman yang didapat dari perjalanan tersebut. Bagaimana masalah akan bertambah besar jika terus dibiarkan bertahan dan besar. Dan akan lebih sulit untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah2 tersebut. Belajar untuk tegas dan patuh pada aturan2 yang ada. Semoga kedepannya Negara ini dapat menjadi lebih baik dari saat ini. Oh iya perjalanan hari ini adalah perjalanan terakhir buat gw sebelum puasa. Gw mungkin akan melanjutkan perjalanan2 selanjutnya mudah2an setelah lebaran atau lebih. Banyak hal yang harus masih gw selesaikan dan dapat membuat rencana2 perjalanan2 selanjutnya. I miss u all………

~ by amri luthfi on August 25, 2008.