Ujung genteng (16-18 agustus 2008)

Journey Ujung Genteng

Akhirnya berangkat juga gw ke ujung genteng setelah menanti sekian lama rencana untuk pergi kesana. Gw ngajak temen2 gw untuk kesana tapi banyak yang ga bisa. Rencana siy sekalian reuni temen2 kuliah. Dari rencana awal banyak yang mau ikut akhirnya ga ada yang bisa yah karena sibuk juga siy mereka. Yah wajar lah tempat kerjanya kan beda2.nga kaya dulu waktu kuliah. Yah walau ga ada yg bisa ikut gw tetep akan berangkat walau sendiri. Tapi akhirnya ada temen gw satu orang yang bisa ikut namanya eiji. Walaupun Cuma berdua kita berangkat juga. Yang awalnya mau naik bis rencana berubah menjadi naik motor. Gw berangkat hari sabtu sore. Tapi gw dari pagi dah pergi untuk nyiapin peralatan dokumentasi.hehe. beli film dulu di pasar baru. Maklum belum sempet2 untk pergi kesana. Trus gw pergi ke kost temen gw utk pinjem sleeping bag. Jaga2 kalo tidur dipinggir pantai.masalahnya sebelumnya booking hotel dah penuh semua.hehe. sekitar jam 2 temen gw itu akhirnya pulang kerja dan gw ketemu trus kerumahnya di cengkareng utk ngambil barang2 dia.hehe. gw berangkat dari sana baru sadar bahwa persiapan gw tuh bener2 seadanya,hehe, yah pake baju seadanya yah yg jelas pake jaket lah. Trus pake sandal jepit.hehe. males pake sepatu Cuma menuh2in tas aja.soalnya isi tas tuh Cuma peralatan dokumentasi.kamera aja gw bawa 3.lomo, Olympus trip 35mm, sama kamera digital Olympus pocket trus tidak lupa membawa handycam kesayangan gw utk merekam detik2 perjalanan yg tidak tau arahnya kemana.hehe.trus motor nga bawa ban dalam serep takut2 bocor. Trus Cuma bermodalkan peta yg didapet dari internet dan modal bertanya nantinya.heh.ancuurrrr dah pokoknya. Dengan kepasrahan yang mendalam akhirnya kita berangkat dari cengkareng jam 3 sore. Dengan bekal seadanya.hehe.kita jalan sampe ciawi tuh jam 6 sore pas azan magrib. Biasa kalo naik mobil Cuma satu jam ini 3 jam. Hehe.trus melanjutkan perjalanan dan istirahat untuk solat di mesjid daerah lido gitu. Pengen nya siy sekalian makan tappi dah pada habis di situ. Akhirnya lanjut lagi deh. Sekalian cari makan. Jam 7 an gitu dah lumayan sepi jg yah jalan.hehe. nga kaya di Jakarta yg padat. Trus sampailah di persimpangan di daerah cibadak soalnya disitu ada jalan jg menuju pelabuhan ratu yg kita mau lalui rutenya. Tapi kok gelap yah. Kebetulan di situ ada rumah makan padang. Ya udah gw sekalian makan dan sekalian bertanya. Gw makan dulu yg kenyang.hehe. stelah itu gw Tanya kalo lewat situ bisa nga utk tujuan ujung genteng. Oh iya gw sampe situ sekitar jam 8 malam kurang dikit lah. Kata mereka siy bisa tapi disana rawan gitu. Penduduk daerah situ aja nga berani lewat situ kalo dah malam. Mereka nanya berapa motor emang yang pergi. Yah gw jawab Cuma satu. Dengan berat hati mereka menyarankan untuk bermalam dulu di daerah situ. Karena disitu rawan. Tapi ada jalur lain lewat jalur satu lagi tapi tetep menyarankan utnk bermalam di daerah pelabuhan ratu sebelum melanjutkan ke ujung genteng. Karena kearah sana bener2 sepi dilalui pada malam hari. Mereka nga jamin amanya.yah bener jg siy. Mereka aja yg di daerah situ nga berani utk lewat sana kok gw yg pendatang mau nekat. Mana bukan rombongan pula. Kalo konvoi siy nga masalah. Ok kita akhirnya memutuskan utk ke pelabuhan ratu dulu. Dan melanjutkan perjalanan tidak melewati jalur persimpangan tadi. Lewat kota cibadak nya. Setelah kota cibadak ada pertigaan jg ke pelabuhan ratu tapi ragu untuk belok dan berniat utk nanya lagi. Tapi setelah bertanya mereka member jawaban yg sama untuk menyarankan hal yg sama yaitu bermalam di kota tersebut dulu daripada melanjutkan perjalanan karena daerah sana rawan. Yah rencana mau liat sunrise di hari minggu disana batal deh. Tapi demi keselamatan sabar dikit aja tetep bisa nikmatin kok.hehe. ya udah akhirnya kita bermalam disana. Cari2 pondok yang murah. Dapetlah Pondokan muslim gt. Yg sesuai budget dan tempat.hehe.istirahat lah kita disana. Bangun jam 5 pagi dan siap2 utk melanjutkan perjalanan. Kita berangkat jam setengah 6. Lewat jalur ke pelabuhan ratu. Hikmah dari bermalam dulu dapat dirasakan jg. Yaitu kita bisa tau kondisi jalan disana yang berkelok2 dan kadang berlubang.malah lebih parahnya di belokkan ada yg berpasir. Nga tau itu disengaja apa emang begitu. Dikanan atau pun dikiri jalan itu adalah jurang.hehe.dan hikmah kedua yah kita bisa liat pemandangan yang luar biasa indahnya. Jadi dalam perjalanan kalo ada pemandangan bagus kita berhenti utk foto2 dulu. Maklm manusia narsis.hehe.sering jg siy.hehe.sampe daerah pelabuhan ratu sekitar jam 7:20. Kita belok menuju ke daerah surade yaitu rut eke ujung genteng. Di daerah sini yang kata orang adalah daerah sepi tersebut. Emang siy bis bukan lewat jalur tersebut. Jadi yg lewat jalur tersebut Cuma kendaraan pribadi sama angkot2 gitu. Bener kata mereka jalur tersebut emang sepi. Bisa dihitung kali papasan dengan kendaraan lain tuh kira2 bisa 3 sampai 5 menit baru ketemu dengan kendaraan lain.hehe. mana jalurnya lebih parah. Naik turun belok2 . belum pernah kan naik kendaraan yang nyetir ikutan mual gara2 jalan yang naik turun.hehe.tapi seru banget. Disitu gw mau sampe kecepatan 80 km/jam aja susah bener. Mentok 60-70. Hehe.oh iya mana bensin jg blm sempet isi penuh. Pom dah nga ada daerah situ. Yg ada penjual eceran. Trus tambal ban aja bisa kali 5 kilo lebih baru ketemu. Gw mikir coba kalo malam2 ban bocor disana, yg jelas tambal ban tutup. Trus dorong dengan suasana nga ada lampu gitu.hehe. keren2.akhirnya ditengah perjalan tersebut yah bensin dah menipis akhirnya gw putuskan utk beli . ketika beli bensin. Gw bener2 nga ngerti bahasa sunda. Gw ajak pake bahasa Indonesia mereka nga ngerti.waduh. pusinggg…hhehe..yah gw meraba2 apa yang dimaksud sama dia utk harga seliter bensin.eheh.lalu lanjut eh ternyata berapa kilo kemudian ketemu pom bensin.hehe. langsung isi lagi full tank.hehe.kita sampe ujung genteng akhirnya jam 9 lebih dikit.hehe.akhirnya sampe juga di UJUNG GENTENG. Dari perjalanan awal di cengkareng sampe sini niy. Jaraknya tuh 170 an KM dengan waktu tempuh sekitar 8 jam an gitu.hehe. setelah sampe disana bingung mau kemana. Liat pantai nya sumpah bagus banget. Air nya tuh bener2 bersih. Kita jalan trus sampe di daerah muara cibuaya. Disana kita istirahat di depan pondok orang.hehe. temen gw istirahat. Gw jalan langsung ke pinggir pantai utnuk foto2.hehe. maklum pemadangan nya bagus banget. Banyak orang mancing juga. Ya udah gw foto2 lah itu semua keindahan.hehe. stelah gw puas foto gw balik ke temen gw. Yg sedang tidur di bale orang.hehe.gw ajak utk cari penginapan. Biar enak.hehe. yah walau pesimis dapet siy. Soalnya setau gw penuh semua.hehe. gw jalan trus sampe pojok sampe bener2 hutan dah nga ada penginapan. Supaya ngerti jalan disana aja siy sekalian cari yang murah.hehe.tapi ga ada. Akhirnya gw balik lagi tuk menuju penginapan yg ada aja.diperjalanan gara2 ngeliatin pantai yg bagus.kita jatuh dari motor untungnya pasir tuh, nga sakit jadinya karena semua jalan disana pasir. Setelah mendatangi satu penginapan kita Tanya ada kamar kosong ah. Dan beruntung nya ada.orang itu hari ini keluar. Jadi kita nunggu sebentar utk dibersihkan kamarnya.hehe.sumpah laper banget.setelah taruh barang2 kita langsung cari makan. Disana termasuk susah cari makan, dan jenis makananya terbatas banget. Ya udah kita makan seadanya aja dengan biaya ekonomis.hehe.setelah itu balik ke penginapan. Utk istirahat dulu.sekitar jam 12 -1. Setelah istirahat. Jam 3 an kita jalan lagi utk main dipantai. Kita main2 dipantai. Mencari kerang. Dan karang2 laut. Bagus2 banget.banyak yg cari juga. Ada yg sampe bawa karung.hehe.itu jualan apa koleksi yah.gw foto2 sekalian nyari. Dan menyusur pantai yang bener2 bagus. Air nya bersih banget. Dan pas rencana mau pindah tempat gw baru sadar kacamata gw hilang.gw gantungin di tas gitu. Sebelumnya gw mikir biasanya gw kalo pake kacamata atau aksesoris tuh klo nga ilang yah rusak.hehe.stelah dicari berapa lama yah akhirnya ketemu di pinggir pantai.hehe.dah jam 5 ya tanggung nungguin sunset deh. Sambil nunggu gw buat istana dari pasir. Tapi susah banget yah. Akhirnya pindah menjadi membuat stadion dari pasir.hehe.sunset nya bagus tapi ketika mau deket laut eh awan menghalanginya. Sedih banget. Tapi gpp. Gw dah cukup puas liat itu. Yah jam setengah 7 balik ke penginapan. Mandi dan bersih2. Setelah itu kita cari makan. Untung aja naik motor ke ujung genteng. Kita semua jalan2 disana tuh naik motor. Jadi lebih cepet dan nga cape. Bisa kemana2 pula.disana banyak tukang ojek yg nawarin dan biayanya cukup mahal buat minta anterin ke suatu lokasi.hehe. Cuma jalannya aja kalo dah kejebak didalam pasir harus didorong dulu.hehe.setelah selesai makan. Kita balik penginapan utk siap2 menuju ke penangkaran penyu, hari ini bener2 hari yg pas. Bulan lagi bener2 lagi purnama, terang bulan. Cahaya nya bener2 terang. Eh tetangga di penginapan ngajakin mau bareng ga sama mereka. Mereka dari Jakarta juga dan naik motor juga.tapi mereka rame2 beda sama kita yg Cuma satu motor. Ok daripada sendirian , rame lebih seru.hehe. jam 9 kita berangkat ke sana. Sampai disana gw sama temen gw panik, kunci kamar jatuh. Bingung nyari dimana. Gelap banget soalnya.ya udah yg ada pasrah. Kita putusin liat penyu dulu.jalan ke pantai rame2 eh sampai di pantai sudah ada penyu yg bertelur di pinggir.jadi bisa langsung difoto. Penyu itu umurnya kira2 90 tahun dilihat dari tempurungnya.yah 1 jam penyu itu cari jalan kembali ke laut.banyak penyu yang mau bertelur di hari itu. Tapi gara2 banyak orang yg deketin ketika blum bertelur, penyu itu balik lagi ke laut karena merasa terganggu. Penyu itu 3 kali bolak balik.setelah orang2 pada pulang termasuk tetangga gw itu.oh iya kunci kamar kita akhirnya balik setelah ditemuin sama salah satu tetangga waktu konvoi jatuh di jalan ternyata. Trus gw tinggal sama temn gw disitu masih nunggu penyu lain utk dateng.ada yg dateng.ternyata jalan utk bertelurnya aja ngabisin 1 jam sendiri.lama bener. Mana disitu dingin bener angin laut. Dan gw Cuma pake kaos dan celana pendek.hehe.dan bertelur nya tuh ngabisin satu stengah jam sendiri.gw nunggu sambil denger music dan diterangin sama cahaya bulan purnama dan bintang walau nga banyak.bener2 keren deh dan beruntung. Dan waktu telah menunjukkan pukul 1 malam.gw mikir kalo nungguin gitu gw besok pagi harus pulang trus juga mau liat sunrise. Ya uddah balik aja ke penginapan deh. Diperjalanan pulang kita tiba2 liat kepiting lucu banget warnanya. Lagi jalan di pasir.waw…keren…berhenti dulu deh utk foto2.hehe. lalu sampe penginapan kita istirahat. Jam 5 gw bangun, gw ajak temen gw utk liat sunrise nga mau katanyaa ngantuk. Ya udah gw pergi sendirian ke tempat liat sunrise. Yah udah sana anginnya gede bener. Kali ini gw bawa jaket motor. Setalah ditunggu2 eh ketutupan awan lagi.tapi akhirnnya ada yg ga ketutupan awan. Foto2 tetep terus. Setelah gw selesai liat sunrise gw balik ke penginapan.sampai sana gw tarik temen gw untuk nyari kerang. Daripada tidur trus kan. Tidur siy bisa dirumah.hehe.sampai dipinggir pantai kita cari kerang . gw berenang disitu.walaupun gw nga bisa berenang tapi gw seneng aja. Jarang2 berenang dilaut. Sekallian berjemur dan berendam. Kulit menghitam niy. Gpp karena gw bangga atas warna kulit ini.hehe. setelah selesai balik utk mandi. Tetangga juga mau balik hari ini. Eh dapet kabar di kamar lain ada yg kemalingan. Waduh. Katanya kejadiannya sekitar jam 2 an gitu.setelah dicari2 eh ada di belakang pondok gitu ada kartu2 yg dibuang sama itu maling. Lumayan buat barang bukti. Jadi bener2 harus hati2 deh kalo mau kesana. Orang sana aja nga percaya kan.hehe. rencana siy mau bareng sama tetangga pulangnya. Tapi gw belom makan yaudah pamit sama meraka balik duluan nanti bareng dijalan aja kalo ketemu. Setelah selesai makan yaitu jam 10 kita balik langsung ke Jakarta. Eh bener ketemu dijalan.hehe. ya udah kita bareng sama mereka deh.tapi motor2 mereka motor besar gitu. Gw kan naik bebek.maksa kecepatanya.hehe.pegel banget tangan ngikutin motor mereka. Kita pulang lewat jalur yang beda. Lewat jalur bis2 yang biasa lewat utk menuju ke ujung genteng.tapi jalur tersebut lebih besar tapi banyak lobangnya.dan lebih lama dari jalur berangkat. Dijalan karena udara nya sejuk. Gw nyetir sambil ngantuk. Udah nga konsentrasi. Dimana itu harus ngikutin motor depan karena bareng. Dan jg jalanya bener2 belok2 klo salah bisa masuk jurang.hehe. untung selamat gara2 ngantuk.hehe.udaranya sejuk banget siy. Kita nyampe cibadak itu sekitar jam 2:30. Trus cari makan siang dulu. Sampe bogor jam 5 an gitu.dan kita misah dengan mereka. Mereka lewat jalan raya bogor. Kalo kita ke arah parung untuk ke arah cengkareng. Sampe cengkareng jam 7 :30 an. Waktu pulang yg diukur adalah jadi totalnya adalah 9 setengah jam. Dari jam 10 sampe jam 7:30 dan kilometer yang digunakan adalah 240 KM (waw jauh bener yah jalan lewat sana) Sampe rumah gw bener2 cape jam 9 baru sampe rumah. Ngantuk, laper dan sakit badan gw.hehe.gila. akhirnya perjalanan jauh gw selesai jg.hehe.motor gw nga rewel. Sekalian juga tuh merayakan anniversary motor gw yang minggu depan genap satu tahun.itu liburan yg menyenangkan,. Dan terima kasih buat temen gw yg mau nemenin. Nga jadi berangkat sendiri, tapi seru bangetkan. Ayoooooo next destination…………….

Advertisements

~ by amri luthfi on August 21, 2008.

One Response to “Ujung genteng (16-18 agustus 2008)”

  1. Harusnya gw doain motor lo rewel yah…jadi perjalanan lo khan tambah seru. Hehehe…sirik yah gw, lagian ngga ngajak2 siy. Ngomong2 penyu yg bertelur itu, bapak dari telur-telurnya lo bukan yah? Huehehe…kenapa ngga ditungguin sampai menetas aja, kali aja ada kemiripan. Makanya…ntar klu kesana lagi ajak gw. bikin ngiri aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: